Assalamualaikum, udah lama gak ngeblog nih dan semoga kalian yang baca diberi keselamatan saat berkendara..
Untuk postingan kali ini gue pingin sharing ke kalian para bikers atau pengendara kendaraan roda dua, langsung aja yaa..
Salah satu penyebab kecelakaan adalah ban. Nah gue mau sharing tentang ban nih kebetulan barusan aja gue sendiri hampir kecelakaan karna ban.
Nih gue kasih tips cek ban sebelum pergi :
1. Cek kebotakan ban dan keretakan di samping ban. Bila sudah botak alangkah baiknya untuk tidak dipakai jauh atau segera diganti. Kebotakan ban bisa membuat ban dalem rusak mengebabkan kebocoran. Yang paling parahnya kalian bisa tergelincir dijalan licin atau pada saat hujan dan juga bisa menyebabkan pecahnya ban.
2. Cek angin ban. Ini nih harus sering di cek yg bener dan sesuai ukuran anginnya. Sebaiknya sih menggunakan nitrogen karna nitrogen ukuran anginnya stabil tidak nambah atau kurang.
Resiko : - bisa bocor. Mungkin ini menurut kalian sepele karna tinggal bilang 'tambel aja selesai' . Nah kalu deket tukang tambel ban? Kalau jauh? Selamat mendorong.
- bisa selip ban. Nah selip ban ini bisa dikarnakan juga oleh ban yang kurang angin. Kalau kalian tidak sadar ban kalian kurang angin dengan kecepatan tinggi dan jalan berbelok. Apa yg terjadi? Ban akan selip oleng dan resikonya motor bisa kebanting ke arah berlawanan. Bisa aja motor sampai memutar 360°
3. Cek apakah ada paku atau tidak.
Bila ada paku ketika sedang berjalan dan pakunya harnya menempel tidak mengurangi angin ban sebaiknya jangan dicabut dulu sebelum dekat dengan tukang tambel ban.
4. Cek adakah pecahan material atau kaca yg ada di ban.
Ini juga salah satu penyebab kebocoran ban tiba tiba di jalan raya. Karena material bisa saja menyobek ban dalem bahkan ban luar sekalipun sehingga ban bisa pecah. Kalau pecah sedang keadaan berkendara sangat berbahaya
5. Cek serpihan serpihan di dalam ban
Nah ini ketika kalian sedang mengganti ban atau menambal ban. Coba kalian cek atau kalian bilang ke 'abangnya' untuk mengecek dan membersihkannya. Ini adalah penyebab kebocoran juga dan tidak sedikit oknum yang sengaja memasukan serpihan agar bocor lagi
6. Menggunakan pelindung ban dalem. Ketika ban luar udah ada yang luka. Pelindung ini gunanya untu, melindungi ban dalem dari luka tersebut yg bisa membuat kebocoran atau kerusakan pada ban dalem
7. Memakai ban tubles. Baiknya memakai ban tubles karna bisa mengurangi kemungkinan diatas. Karna tidak memakai ban dalem
8. Memakai cairan dalem untuk ban tubles (tidak bisa menyebutkan merk). Nah kalau kalian memakai ban tubles. Gak rugi kalau make cairan ini. Karna fungsi cairan ini adalah ketika ban kamu kena paku. Kamu tinggal cabut paku tersebut. Dan cairannya yg didalemmnya akan menutup lubang bekas paku tersebut. Jadi gaperlu tusuk tusuk lagi dan tidak repot bila jauh dari tukang tambel ban.
Mungkin cuma segitu yg bisa gue sharing. Kalo ada yg mau nambahain tambahin aja di kolom komentar.
Thanks udah ngebaca, semoga bermanfaat dan selamat sampai tujuan 👌
Keep safety ridding and be smart bikers! -003
(Sumber gambar : google image)
Untuk postingan kali ini gue pingin sharing ke kalian para bikers atau pengendara kendaraan roda dua, langsung aja yaa..
Salah satu penyebab kecelakaan adalah ban. Nah gue mau sharing tentang ban nih kebetulan barusan aja gue sendiri hampir kecelakaan karna ban.
Nih gue kasih tips cek ban sebelum pergi :
1. Cek kebotakan ban dan keretakan di samping ban. Bila sudah botak alangkah baiknya untuk tidak dipakai jauh atau segera diganti. Kebotakan ban bisa membuat ban dalem rusak mengebabkan kebocoran. Yang paling parahnya kalian bisa tergelincir dijalan licin atau pada saat hujan dan juga bisa menyebabkan pecahnya ban.
2. Cek angin ban. Ini nih harus sering di cek yg bener dan sesuai ukuran anginnya. Sebaiknya sih menggunakan nitrogen karna nitrogen ukuran anginnya stabil tidak nambah atau kurang.
Resiko : - bisa bocor. Mungkin ini menurut kalian sepele karna tinggal bilang 'tambel aja selesai' . Nah kalu deket tukang tambel ban? Kalau jauh? Selamat mendorong.
- bisa selip ban. Nah selip ban ini bisa dikarnakan juga oleh ban yang kurang angin. Kalau kalian tidak sadar ban kalian kurang angin dengan kecepatan tinggi dan jalan berbelok. Apa yg terjadi? Ban akan selip oleng dan resikonya motor bisa kebanting ke arah berlawanan. Bisa aja motor sampai memutar 360°
3. Cek apakah ada paku atau tidak.
Bila ada paku ketika sedang berjalan dan pakunya harnya menempel tidak mengurangi angin ban sebaiknya jangan dicabut dulu sebelum dekat dengan tukang tambel ban.
4. Cek adakah pecahan material atau kaca yg ada di ban.
Ini juga salah satu penyebab kebocoran ban tiba tiba di jalan raya. Karena material bisa saja menyobek ban dalem bahkan ban luar sekalipun sehingga ban bisa pecah. Kalau pecah sedang keadaan berkendara sangat berbahaya
5. Cek serpihan serpihan di dalam ban
Nah ini ketika kalian sedang mengganti ban atau menambal ban. Coba kalian cek atau kalian bilang ke 'abangnya' untuk mengecek dan membersihkannya. Ini adalah penyebab kebocoran juga dan tidak sedikit oknum yang sengaja memasukan serpihan agar bocor lagi
6. Menggunakan pelindung ban dalem. Ketika ban luar udah ada yang luka. Pelindung ini gunanya untu, melindungi ban dalem dari luka tersebut yg bisa membuat kebocoran atau kerusakan pada ban dalem
7. Memakai ban tubles. Baiknya memakai ban tubles karna bisa mengurangi kemungkinan diatas. Karna tidak memakai ban dalem
8. Memakai cairan dalem untuk ban tubles (tidak bisa menyebutkan merk). Nah kalau kalian memakai ban tubles. Gak rugi kalau make cairan ini. Karna fungsi cairan ini adalah ketika ban kamu kena paku. Kamu tinggal cabut paku tersebut. Dan cairannya yg didalemmnya akan menutup lubang bekas paku tersebut. Jadi gaperlu tusuk tusuk lagi dan tidak repot bila jauh dari tukang tambel ban.
Mungkin cuma segitu yg bisa gue sharing. Kalo ada yg mau nambahain tambahin aja di kolom komentar.
Thanks udah ngebaca, semoga bermanfaat dan selamat sampai tujuan 👌
Keep safety ridding and be smart bikers! -003
(Sumber gambar : google image)